Kamis, 03 September 2015

PERJUANGAN




Apa artinya perjuangan itu? Menurutku perjuangan adalah seberapa besar kita memantaskan diri  menjadi pemenang. Seorang pemenang pasti pernah kalah disaat-saat dia baru pertama kali mengikuti lomba. Bahkan seorang pemenang pernah kalah berkali-kali. Lalu dia memantaskan diri agar menang pada lomba-lomba berikutnya.

Coba lihat, siapa yang ngga kenal KENNY ANTONIO KAMIL. Dia dikenal karena sering menang lomba. Sampai-sampai ada anak yang udah pasrah karena satu kategori sama dia. Sebelum mengikuti perlombaan dia sudah diprediksi bakal menang.  Hebat bukan. Tapi kau harus tau, sebelum menang berkali-kali Kenny pernah kalah berkali-kali. Bahkan aku melihat kekalahannya didepan mataku. Pada lomba nasional tahun 2013 kusaksikan Kenny berlari sambil menangis lalu memeluk ayahnya.  Sebelum berkali-kali menang, Kenny mengikuti berbagai lomba menggambar untuk mengasah kemampuannya. Dia kalah berkali-kali sebelum menang berkali-kali. Dia latihan, dia menggambar, dia mewarnai dia mengikuti lomba. Dia memasang timer waktu, mencoba berbagai teknik pewarnaan crayon, mempelajari special efek dan menggabungkannya menjadi sebuah gambar agar mendapatkan hitungan sebagai pemenang. Lalu ditahun berikutnya, pada  lomba nasional 2014 dia berhasil menjadi THE CHAMPION lalu mewakili Indonesia di ajang Internasional.

Satu yang harus kau pelajari dari seorang pemenang yaitu terbiasa merasakan atmosfer lomba. Kenny memang dididik untik jadi pemenang. Saat lomba, dia sudah terbiasa dengan keadaan yang sangat ramai. Dia mewarnai dengan tenang seolah tak peduli banyak guru-guru yang memotret gambarnya dia. Kenny dididik untuk tenang pada situasi yang sangat ramai. Dipaksa untuk fokus pada situasi dimana anak-anak lain grogi. Kenny menyelesaikan apa yang harus dia selesaikan dengan hasil terbaik, dan dia yakin akan jadi juara. Sementara anak-anak lain pasrah dengan hasil karyanya. 

Terkadang kita melihat sesuatu dari hasilnya saja tanpa tau prosesnya.  Kau ingin seperti Kenny? Kau ingin jadi pemenang? Lakukan apa yang dia lakukan. Selesaikan apa yang dia selesaikan dengan lebih rapi. Maka kau bisa mengalahkannya. Karena cara mengalahkannya itu cuma satu, menjadi seperti dia. Melakukan hal yang dilakukan pemenang dengan lebih baik.


Itu pelajaran dari lomba ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar